BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Senin, 13 Februari 2012

Test Untuk Calon Pilot Part 2(E-Profiling)

Setelah lulus Medical Exemination, tes selanjutnya yang saya lalui adalah E-profiling. Tepat tesnya adalah di Lab Psikologi TNI AU di halim perdanakusuma. Tes ini untuk mengukur kemampuan dasar kita and juga tes IQ. Soal soal yang yang harus dikerjakan adalah soal soal bahasa inggris, matematika, fisika dan juga tes IQ berupa serangkaian gambar gambar yang harus dijawab dengan tepat.

Saya sempat takut dan bingung ketika saya mengetahui bahwa teradapat tes matematika dan fisika dalam E-proliling ini, karena sudah 5 tahun saya tidak “menyentuh” matikmatika dan fisika. Pada saat persiapan itu saya bertanya pada teman teman saya yang sudah melaksanakan tes ini sebelumnya seperti apa soal yang akan keluar. Rata rata mereka menjawab tesnya seperti matimatika dasar SMA! Kemudian saya mencari buku buku persiapan SPMB yang tedapat contoh soal matematika dan hanya 10% dari soal itu yang masih saya ingat :D

Untungnya ketika saya kulaih di Bandung dulu, saya kos di daerah cisitu dan tempat kos saya banyak mahasiswa ITB, salah satunya adalah Johnson Marpaung dia mengambil jurusan matematika di ITB, lucky me.. hahahah. Sehingga saya meminta dia untuk mengajari saya matematika dasar.

Apa yang saya belajar dari dia tenyata kelaur semua!! Again.. lucky me. Tetapi yang membuat soal itu susah adalah kita tidak boleh menggunakan kalkulator atau kertas buram untuk mengerjakan soal tersebut, jadi kita haur menghitungnya diluar kepala sambil ngayal!! Saya hanya berhasil mengerjakan 8 dari 10 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 15 menit.

Soal soalnya pun tidak seperti matematika dasar SMA yang menurut saya rumit, tapi lebih kepada matematika logika seperti, menghitung jarak, waktu yang ditempuh, besar kandungan suatu logam, kecepatan dan lain lain.

Saya yakin tanpa belajar pun kita dapat menyelesaikan soal tersebut dengan catatan logika kita baik. Dan again lucky bagi saya, ketika saya kuliah dulu saya terdapat mata kuliah logika. Thanks Prof. Arief Sidharta hahahahhaha

Kemudian berikutnya adalah tes fisika, dan tes ini tidak seperti yang saya pikirkan sebelumnya. Tidak ada soal hitungan hanya teori teori fisika seperti mana katrol yang paling ringan, arus listrik jika lampunya ingin menyala, mana yang tenaganya paling kecil dll.

Soal bahasa ingrisnya pun juga relatif mudah. lebih kepada arti kata, dan gramar.

Semua soal matematika, fisika, dan bahasa inggris masing masing berjumlah 15-20 soal dan dikerjakan dalam batas waktu tertentu. tidak masalah apabila kita tidak menjawab semua soal karena semua hasil tes yang kita jalani akan digabung hasilnya.

tes terakhir adalah tes psycomotoric. Apabila anda sering bermain flight simulator atau game lainnya yang menggunakan joystick tes ini tidak akan bermasalah buat anda. Dalam tes ini terdapat 3 indikator dalam penerbangan, yaitu heading, altitute dan speed. tugas kita adalah me”maintain” semua indikator tersebut sesuai perintah yang diberikan.

misalnya kita disuruh ke heading 240 dengan ketinggian 4.000ft dan speed 230knot sehingga kita harus menyesuaikan dengan joystick sesuai dengan perintah yang diberikan tersebut. ditambah lagi juga kita harus menekan tombol sesuai dengan perintah. misalnya apabila kita mendengan 3 angka ganjil secara berturut turut kita diharuskan menekan tolbol merah sebaiklnya apabila yang terdengar 3 angka genap berturut turut yang ditekan adalah tombol hijau.

tes ini untuk mengetahui beserapa besar kemampuan koordinasi mata, tangan dan telinga kita.

0 komentar: